Tuesday, July 16, 2013

4 Cara Menjaga Dompet Tetap Sehat di Bulan Puasa!

Well, filosofi dari berpuasa kan belajar menahan diri. Hal ini termasuk menahan diri dari keinginan belanja berlebihan. Tapi kenapa yah orang (terutama perempuan) menghabiskan uang lebih banyak di bulan puasa? Sebuah situs manajemen keuangan Wanita, LiveOlive, melakukan penelitian kecil2an mengenai hal ini. Simak hasil penelitan mereka berikut ini!



1) Selama puasa Anda akan melewatkan makan siang.
Sebenarnya jadi bisa menabung dengan uang jatah makan siang bukan? Masalahnya ketika puasa, Anda cenderung ‘ngidam’ makanan tertentu utk berbuka. Akibatnya, jadi lebih boros ketika membeli takjil. Padahal lebih baik dan lebih sehat jika berbuka dgn sederhana loh. Bayangkan perut yang kosong tiba2 diisi oleh berbagai makanan? >.<

2) Jangan belanja saat anda berpuasa.
Ingat nasehat lama “Don’t shop when you’re hungry?” Ngabuburit dengan jalan2 di mall? Bkn ide bagus! Anda akan tergoda membeli makanan/barang yg tidak anda butuhkan. Bisa sih window shopping untuk ngabuburit, tapi bawa uang secukupnya dan tinggalkan kartu kredit/debit anda. Beli apa yang anda butuhkan bukan anda inginkan!

3) Buat anggaran.
Berapa banyak kelompok teman Anda? Teman kerja, teman sekolah (SD-SMP-SMA-Kuliah), Tetangga, teman Arisan dan masih banyak lainnya.Buka bersama teman biasanya menjadi acara rutin selama ramadhan. Tetapi Bayangkan berapa banyak uang yang Anda harus keluarkan untuk berbuka puasa bersama "teman" Anda >.< tentu tidak sehat utk kantong anda. Tentukan berapa kali Anda akan ikut acara buka bersama dan berapa anggaran yang anda sediakan untuk itu.

Terakhir dan yang paling penting!
4) Kartu kredit bukan dana tambahan.
Sekali lagi, kartu kredit bkn dana tambahan!!! Ga ada anggaran utk buka bersama? Gesek kartu kredit | Butuh sepatu baru utk lebaran? Gesek kartu kredit | HENTIKAN! Kartu kredit bukanlah dana tambahan. Itu adalah hutang yang harus dibayarkan dengan bunga!

Mari lakukan keempat hal di atas untuk menjaga dompet agar jadi lebih sehat dibanding tahun2 yg lalu.

Sumber

No comments:

Post a Comment